Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol

Salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami dengan memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi, terdapat makanan penurun kolesterol yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah Anda. Beberapa makanan memiliki kandungan nutrisi dan senyawa kimia yang dapat mengikat kolesterol dan trigliserida dalam darah Anda dan mengeluarkannya lewat proses metabolisme tubuh.

Berikut ini beberapa makanan penurun kolesterol dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan hipertensi. Simak ulasannya dibawah ini:

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

1. Kacang-kacangan

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol yang pertama adalah kacang-kacangan, kandungan serat dalam panganan ini dapat melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh Anda. Serat dalam kacang-kacangan dapat memberikan Anda rasa kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga tidak membuat Anda mengonsumsi makanan berlebihan dan tidak menyebabkan lonjakan kadar kolesterol.

Serat juga berperan dalam menyingkirkan kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah dan mengeluarkannya lewat metabolisme tubuh Anda. Oleh karena itu, jangan lewatkan kacang-kacangan dalam menu harian Anda.

2. Buah Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu makanan super karena kandungan nutrisi yang tergolong lengkap.

Buah ini kaya akan lemak tak jenuh dan serat, kedua nutrisi yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.

Mengutip Penelitian dari Healthline.com, mereka yang memiliki berat badan berlebih dengan masalah kolesterol tinggi mengalami penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh setelah mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari. Selain menurunkan kolesterol jahat, buah alpukat juga menurunkan kadar trigliserida dalam darah Anda.

Rutin konsumsi buah alpukat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperit penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

3. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan senyawa Catechin, sejenis antioksidan Flavonoid yang berperan dalam menghambat penyerapan kolesterol oleh pembuluh darah Anda dan agar langsung mengeluarkannya lewat metabolisme tubuh Anda.

Dalam penelitian yang dilakukan di Jepang pada 40.000 partisipan pria dan wanita dewasa menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lima cangkir teh hijau setiap hari umumnya memiliki risiko 26 persen lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dan stroke.

4. Kulit Manggis

Tahukah Anda, mencampurkan kulit manggis dalam jus buah Anda sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh Anda.

Mengutip Manfaat.PRO, kandungan serat dalam kulit buah manggis berperan dalam mengikat kolesterol jahat dan trigliserida di usus dan menghambat penyerapan lemak jahat agar tidak terserap dalam pembuluh darah.

Selain itu, peran antioksidan dalam kulit manggis juga mencegah penyerapan kolesterol dan trigliserida dalam darah dan membuangnya dari tubuh Anda.

5. Bawang Putih

Bawang putih telah dikenal sejak lama sebagai bahan masakan dan herbal alami untuk mengatasi beragam masalah kesehatan.

Kandungan Allicin dalam bawang putih merupakan komponen aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Beragam penelitian menyebutkan bahwa kandungan senyawa aktif dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, bawang putih juga dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena stress oksidatif karena radikal bebas.

6. Sayur Bayam

Sayur bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya seperti Kale, Brokoli dan Pak choy sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Sayur bayam mengandung lutein dan sejumlah karotenoid yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.  Karotenoid berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta menghindarkan Anda dari penyempitan pembuluh darah.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa Lutein dalam bayam dapat menurunkan tingkat oksidasi kolesterol jahat dan mencegah penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah Anda.

Selain itu, kandungan serat dalam sayur bayam dapat mengikat kolesterol dan membantu tubuh Anda membuang lebih banyak kolesterol lewat proses metabolisme tubuh.

7. Minyak Zaitun

Mencampurkan minyak zaitun dalam salad Anda, dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakti stroke dan penyakit jantung hingga 30 persen.

Kandungan asam lemak monounsaturated dalam minyak zaitun berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Selain itu, kandungan Polyphenol dalam minyak zaitun berperan dalam meredakan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

8.  Buah-buahan

Konsumsi buah-buahan merupakan salah satu cara mendapatkan asupan nutrisi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Buah-buahan seperti Apel, Anggur, Jeruk, Mangga dan Strawberry memiliki kandungan serat yang disebut Pectin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda hingga 10 persen.

Rutin konsumsi buah strawberry dan anggur dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda menurunkan kolesterol jahat dalam pembuluh darah Anda.

9. Ikan Salmon

Konsumsi ikan salmon merupakan salah satu cara menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda, hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan salmon.

Asam lemak omega 3 dapat menurunkan penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.

Dalam satu penelitian menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi ikan salmon dapat mencegah penyakit sindrom metabolisme, penyakit yang disebabkan oleh hipertensi dan rendahnya kolesterol baik dalam tubuh Anda.

Dalam penelitian lain menyebutkan bahwa konsumsi ikan salmon dapat menurunkan risiko penyakit stroke hingga 27 persen.

10. Oatmeal

Cara alami menurunkan kolesterol lainnya adalah dengan cara mengonsumsi Oatmeal. Konsumsi tiga porsi oatmeal setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 20 persen.

Oatmeal mengandung Beta-Glucan, sejenis serat mudah larut dalam air yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, serat dalam oatmeal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 7 persen.

Menambahkan topping seperti buah pisang atau strawberry dalam oatmeal Anda menambah kandungan nutrisi dan serat yang penting untuk kesehatan Anda secara umum.

Demikian pembahasan mengenai Makanan Penurun Kolesterol, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan-makanan sehat.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>