Manfaat Ikan Tuna

Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan

Manfaat ikan tuna bagi kesehatan diantaranya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan tubuh dengan sehat, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, membantu menurunkan berat badan. Kandungan nutrisi ikan tuna juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, menjaga kesehatan kulit hingga mencegah kanker.

Ikan tuna merupakan salah satu ikan laut yang termasuk dalam keluarga ikan Mackerel. Disebut tongkol di Indonesia, terdapat 15 jenis ikan tuna di seluruh dunia dan merupakan salah satu jenis panganan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Disamping kepopulerannya, ikan tuna kaya akan nutrisi seperti asam lemak omega 3, potassium, magnesium, zat besi, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12 dan nutrisi lainnya yang sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Berikut ini beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh Anda, simak ulasannya dibawah ini:

Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat konsumsi ikan adalah perannya dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan tuna sangat baik untuk mencegah penyakit jantung koroner, asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang mengendap di pembuluh darah Anda.

Selain itu, asam lemak omega 3 berperan sebagai anti peradangan yang dapat meredakan peradangan yang terjadi karena oksidasi radikal bebas. Sebagai informasi, peradangan karena stress oksidatif merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Oleh karena itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dengan konsumsi ikan tuna.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan mineral potassium dalam ikan tuna sangat penting untuk menurunkan tekanan darah Anda, potassium bekerja sebagai vasodilator yang dapat menenangkan dan melebarkan pembuluh sehingga sirkulasi darah ke seluruh tubuh Anda lancar, dan juga menurunkan tekanan darah secara keseluruhan.

Tekanan darah yang normal sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda secara umum karena dapat merawat sistem kardiovaskular Anda dan mencegah penyakit stroke, penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan tuna juga merupakan nutrisi esensial untuk kesehatan mata Anda, konsumsi ikan tuna dapat menghindarkan Anda dari penurunan fungsi mata karena faktor usia atau degenerasi makula.

Dalam studi komprehensif yang dilakukan oleh Paul A, Sieveing, MD, Ph. D dan John Paul SanGiovanni dari National Eye Institute mengungkapkan bahwa memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dapat menjaga kesehatan retina mata dan menghindarkan dari masalah kesehatan mata seperti kebutaan pada penderita diabetes.

4. Membantu Program Diet

Ikan tuna rendah kalori dan rendah lemak, sebaliknya ikan ini memiliki protein yang tinggi. Protein dalam ikan tuna dapat memberikan Anda rasa kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga mencegah Anda mengonsumsi makanan berlebih dalam satu waktu. Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan tuna dapat menstimulasi hormon Leptin, yang sangat baik untuk mengontrol nafsu makan Anda.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan Zinc dan Mangan dalam ikan tuna merupakan antioksidan alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas, serta infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan kesehatan Anda menurun. Selain itu, kandungan mineral Selenium dalam ikan ini juga berperan antioksidan yang dapat meningkatkan kesuburan pria, karena kemampuannya dalam melindungi sel sperma dari kerusakan karena radikal bebas.

6. Baik bagi Ibu Hamil

Dalam tiap 100 gram daging ikan tuna, terdapat 10.88 IU vitamin B12 yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Vitamin B12 merupakan nutrisi esensial bagi ibu hamil karena berperan dalam mencegah kerusakan sistem saraf  dan memaksimalkan perkembangan otak janin Anda. Selain itu, ibu hamil yang kekurangan asupan vitamin B12 selama kehamilan dapat menderita anemia dan rentan memiliki bayi yang lahir dengan penyakit diabetes.

7. Meningkatkan Energi

Vitamin B Kompleks dalam ikan tuna memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh Anda secara umum. Vitamin B dalam ikan ini berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh, melindungi kulit, meningkatkan pasokan energi dan memaksimalkan kerja organ Anda secara efisien. Dengan mengonsumsi ikan tuna secara rutin dapat memastikan tubuh Anda lebih aktif, berenergi dan lebih sehat.

8. Mencegah Anemia

Ikan tuna memiliki kandungan Zat Besi, bersama dengan vitamin B kompleks nutrisi ikan tuna memastikan pembentukan sel darah merah dan menghindarkan Anda dari penyakit anemia, atau kekurangan darah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan seseorang mengalami Anemia dan terganggunya pasokan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh Anda, hal ini menyebabkan Anda mengalami mudah lelah, pusing dan gangguan konsentrasi.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin B Kompleks sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Vitamin B kompleks mengandung protein Elastin yang dapat memberikan kelembapan pada kulit Anda. Konsumsi tuna secara rutin dapat memberikan Anda kulit yang sehat dan cerah.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan tubuh Anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>