Manfaat Senam Kegel untuk Wanita

Manfaat Senam Kegel untuk Wanita

Manfaat senam kegel untuk wanita diantaranya melatih otot-otot kandung kemih, mencegah turun berok, mengatasi nyeri punggung dan pinggul, meningkatkan gairah seksual hingga meningkatkan kesuburan rahim wanita.

Senam kegel merupakan olahraga kontraksi otot panggul untuk melatih rangkaian otot di sekitar panggula Anda, hal ini dapat meningkatkan koordinasi dan kombinasi yang baik untuk meningkatkan performa seksual dan fungsi organ di area perut Anda.

Berikut ini ulasan beberapa manfaat senam kegel untuk wanita yang sayang untuk dilewatkan, simak ulasannya dibawah ini:

Manfaat Senam Kegel untuk Wanita

1. Mengatasi Nyeri Punggung dan Pinggul

Rutin melakukan senam kegel dapat mengatasi nyeri punggung dan pinggul Anda dengan menguatkan otot panggul Anda.

Otot panggul merupakan salah satu komponen dari otot inti tubuh Anda, rangkaian otot panggul menopang tubuh dan pinggul Anda. Otot-otot ini bekerjasama dengan otot perut bagian dalam untuk menopang tulang punggun, dan otot ini terhubung dengan otot rotator pinggul untuk keseimbangan pinggul Anda.

JIka otot pinggul Anda tidka dalam kondisi kuat dan koordinasi yang buruk, hal ini akan berdampak pada sendi pinggul, tulang ekor dan tulang belakang bagian bawah. Diperkirakan wanita yang mengalami kebocoran urin atau inkontinensia urin juga mengalami nyeri punggung, oleh karena itu, melakukan senam kegel dapat mengatasi masalah keduanya.

2. Mencegah Inkontinensia Urin

Inkontinensia urin atau kebocoran urin merupakan salah satu masalah kesehatan yang disebabkan oleh melemahnya jaringan otot kandung kemih, rahim dan rektum.

Saat otot-otot kandung kemih, rahim dan rektum tidak dalam kondisi kuat dan memiliki koordinasi yang buruk maka kandung kemih dan leher kandung kemih kekurangan penopang di sekitar sphincter, hal inilah yang menyebabkan urin Anda bocor.

Dalam kondisi yang parah, kebocooran urin dapat terjadi saat Anda melakukan olahraga, mengangkat beban berat, saat batuk, bersin atau bahkan ketika tertawa. Oleh karena itu, lakukan senam kegel untuk menghindari masalah kobocoran urin ini.

3. Mencegah Turun Berok

Turun berok adalah kondisi di mana otot dan ligamen yang menopang organ-organ di sekitar pinggul melemah. Hal ini dapat menyebabkan organ-organ Anda keluar dari posisi awalnya sehingga rahim, kandung kemih atau dubur menjadi turun. Kondisi ini semakin lama akan berbahaya pada kondisi kesehatan Anda.

Salah satu cara alami untuk mencegah turun berok adalah dengan melakukan senam kegel. Senam kegel dapat menguatkan otot pinggul agar dapat menopang organ-organ di area pinggul dan mencegah penurunan organ. Penurunan organ dalam kondisi ringan dapat sepenuhnya diatasi, dan dalam keadaan sedang penurunan dapat menurunkan penurunan organ lebih jauh sehingga meningkatkan kualitas hidup Anda.

4. Mempercepat Pemulihan Pasca Melahirkan

Bagi Anda yang melahirkan secara normal maupun caesar, dapat melemahkan kekuatan otot panggul pasca persalinan karena otot meregang hebat dan melemah selama proses persalinan. Hal ini bila dibiarkan berlanjut dapat menyebabkan inkontinensia urin atau kebocoran urin.

Oleh karena itu, mulailah rutin melakukan senam kegel sebelum kehamilan, dan kuatkan rahim Anda selama kehamilan untuk melatih otot pinggul dan membantu proses persalinan.

5. Meningkatkan Kesehatan Wanita Lanjut Usia

Saat memasuki masa menopause, tubuh wanita mengalami fluktuasi hormon estrogen yang menyebabkan menurunnya sirkulasi darah di area otot pinggul, hal ini dapat mengurangi massa otot.

Melakukan senam kegel akan membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke area sekitar panggul sehingga akan menjaga fungsi jaringan otot dan organ-organ di sekitar pinggul Anda.

6. Meningkatkan Kesuburan Rahim

Melakukan senam kegel secara rutin merupakan salah satu cara meningkatkan kesuburan rahim, hal ini sangat krusial bagi Anda yang sedang dalam program hamil.

Gerakan-gerakan senam kegel dapat melancarkan sirkulasi darah di area panggul, hal ini dapat memaksimalkan fungsi organ reproduksi wanita, meningkatkan gairah seksual dan memberikan lubrikasi pada area kewanitaa Anda. Kondisi diatas, merupakan hal esensial yang dibutuhkan untuk keberhasilan program hamil Anda.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Senam Kegel untuk Wanita, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan cara-cara alami.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>