Manfaat Tauge

Manfaat Tauge untuk Kesehatan

Manfaat tauge untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kepadatan tulang, mengontrol kadar kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah, melancarkan sistem pencernaan, menjaga berat badan, meredakan stress dan gangguan kecemasan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung dan menjaga kecantikan kulit Anda.

Tauge merupakan produk turunan dari kacang hijau yang diolah dengan merendam biji kacang hijau dalam air untuk membuang lapisan kulit ari dan membersihkannya dari kotoran yang menempel pada permukaan kacang. Setelah itu, biji kacang hijau di diamkan selama satu malam sembari menunggu perubahan wujud menjadi tauge.

Kandungan Nutrisi Tauge

Tauge merupakan panganan tinggi serat dan tidak mengandung lemak sama sekali, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk menjaga fungsi organ tubuh agar bekerja dengan optimal. Berikut ini daftar kandungan nutrisi yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi tauge :

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak Total
  • Serat
  • Vitamin K
  • Vitamin C
  • Vitamin B6
  • Vitamin B9
  • Mangan
  • Copper
  • Riboflain
  • Thiamin
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Niacin
  • Potassium

Manfaat Tauge untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi diatas, sudah barang tentu tauge memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini ulasan mengenai Manfaat Tauge bagi Tubuh Anda, simak ulasannya dibawah ini:

1. Meningkatkan Metabolisme

Tauge merupakan salah satu makanan sumber vitamin B yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Vitamin B merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi organ tubuh Anda seperti menjaga metabolisme tubuh, detak jantung teratur, dan produksi hormon serta enzim tubuh Anda.

Selain vitamin B, kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam tauge seperti Thiamin, Niacin, Riboflavin, dan Asam Pantothenic dalam sayuran ini dapat juga berperan untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Tauge mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Kandungan mineral Magnesium, Zinc dan vitamin K merupakan nutrisi esensial yang diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis. Oleh karena itu, masukan tauge dalam menu harian Anda.

3. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kandungan serat dalam tauge sangat baik untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda, serat dalam sayuran ini dapat mengikat kolesterol dan plak-plak yang mengendap di pembuluh darah dan arteri tubuh Anda untuk kemudian dibuang melalui proses metabolisme tubuh Anda. Dengan demikian mengonsumsi tauge dapat menurunkan risiko penyakit jantung, karena kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

4. Melancarkan Pencernaan

Serat tidak hanya baik untuk menurunkan kadar kolesteorl dalam tubuh, namun juga merupakan nutrisi esensial untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan anda. Mengonsumsi tauge dalam porsi kecil sudah cukup untuk mengatasi masalah susah buang air besar.

Serat dalam tauge berperan penting dalam meningkatkan pergerakan peristaltik perut Anda, sehingga menghindarkan Anda dari masalah sembelit, perut kembung dan seringnya buang angin.

5. Baik untuk Program Diet

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu kunci keberhasilan program diet Anda, salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan adalah tauge. Tauge merupakan panganan rendah kalori dan tinggi serat yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Menambahkan tauge dalam sup atau salad dapat memberikan Anda rasa kenyang lebih cepat dan lebih lama karena kandungan serat di dalamnya.

Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan asupan nutrisi selama program diet.

6. Meredakan Stress

Kandungan Zinc, Magnesium dan Vitamin C yang terdapat dalam tauge berperan penting untuk kesehatan mental Anda, nutrisi diatas dapat meningkatkan produksi hormon dopamine yang baik untuk memberikan perasaan bahagia dan menekan hormon kortisol penyebab stress.

Lebih jauh, mineral Magnesium dalam sayuran ini dapat menjaga mood positif dan membantu mengatasi insomnia.

7.  Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C dalam tauge berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dalam mencegah infeksi bakteri, virus dan radikal bebas. Selain itu, kandungan zat besi dalam sayuran ini juga dapat menyingkirkan bakteri pathogen dalam tubuh Anda.

Memiliki sistem imun yang kuat sangat penting bagi tubuh Anda untuk menghindari risiko penyakit kronis yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan radikal bebas. Karenanya, jangan lewatkan tauge sebagai menu makanan Anda.

8. Menjaga Kecantikan Kulit

Kandungan vitamin C dalam tauge juga berperan penting untuk menjaga kecantikan kulit Anda, vitamin C berperan dalam meregenerasi sel-sel dan jaringan kulit Anda. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari dampak negatif radikal bebas yang dapat menimbulkan kerutan dan garis halus pada kulit Anda. Selain itu, vitamin C dalam sayuran ini juga berperan dalam mencerahkan kulit Anda.

Efek Samping Tauge

Meski mengandung kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, nyatanya proses pengolahan dan penyimpanan tauge dapat menyebabkan sayuran ini terkontaminasi beragam jenis bakteri seperti Salmonella dan E.Colli.

Karena hal tersebut pula lah, tauge umumnya menjadi larangan ibu hamil karena dikhawatirkan dapat menginfeksi placenta dan menyebabkan komplikasi kehamilan. Selain itu, bagi orang lanjut usia dan anak-anak yang belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat juga sebaiknya tidak mengonsumsi tauge.

Demikian pembahasan mengenai manfaa tauge untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>