Material Atap Rumah Terbaik

material atap terbaik

Bicara mengenai proses membangun rumah, mulai dari pondasi, dinding, hingga atap rumah. Bahan yang digunakan dalam membangun juga harus memiliki kualitas serta sesuai dengan ekspeksasi kita. Harapannya, tentu supaya rumah jadi lebih nyaman saat dihuni.

Pondasi, terletak di bagian bawah dan yang menjadi dasar kuat kokohnya rumah itu sendiri. Pilihan materialnya, yakni batu dasar dengan kepadatan yang tinggi.

Kedua, dinding sebagai lapisan yang melindungi tengah yang menutupi sekaligus melindungi rumah dari apapun. Pertimbangannya mulai dari warna cat atau jenis pelapis dinding.

Berikutnya, atap rumah bagian yang berada diatas rumah berfungsi sebagai pelindung dari atas yang berbentuk hujan atau sengatan panas matahari. Ketiga elemen tersebut tidak bisa dipisahkan dalam menginginkan rumah yang kokoh. Nah, inilah yang akan kita bahas pada konten ini, apa saja material atap yang bisa kita pilih.

Berikut pembahasan umum serta keunggulan masing-masing jenis atap rumah.

Ragam Pilihan Material Atap Rumah 2019

Seng

material atap seng

Seng merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk melengkapi bagian atas rumah. Seng sendiri terbuat dari bahan besi ringan, yang mana memasang seng menjadi atap rumah merupakan suatu kemudahan. Selain kuat, seng juga mudah dalam pemasangannya, dan juga bertarif terjangkau pastinya.

Beton

material atap beton

Memasang atap beton merupakan pilihan terbaik ketika menginginkan rumah yang kokoh dari segala hal. Dengan bahan material beton cor dan tulangan besi menjadikan atap rumahmu begitu tahan dari segalanya. Akan tetapi, atap beton tidak tahan dengan angin yang berhembus serta memiliki bobot yang berat. Sehingga sangat berpengaruh terhadap harga jual yang begitu tinggi.

Genteng

material atap genteng

Genteng yang terbuat dari tanah liat ini begitu familiar dipakai pada umumnya. Dengan material bahan yang mudah didapat, serta pembuatan yang cukup mudah. Genteng merupakan pilihannya, karena harga yang ekonomis dan tahan lama. Akan tetapi, genteng ini memiliki sejumlah kekurangan, seperti mudah berlumut sehingga harus dilapisi cat terlebih dahulu.

Aspal

Atap berbahan aspal ini memadukan fiberglass dan aspal yang dilapisi mineral. Jenis atap semacam ini tersedia dalam dua model, yakni datar dan bergelombang. Atap berbahan aspal ini praktis dalam pemasangan, berbobot ringan, anti jamur, serta tahan terhadap angin, api dan yang sejenisnya.

Metal

Metal, atap rumah yang berbahan dasar campuran dari besi, aluminium, dan seng. Memiliki keunggulan berupa bobot yang ringan, anti karat, anti pecah, dan fleksibel untuk dipasang di berbagai tempat. Atap berbahan metal ini memiliki banyak kelebihan. Tetapi, dengan kelebihan semacam itu juga tak dipungkiri, bahwa atap seperti ini harganya tidak murah.

Keramik

Atap berbahan dasar keramik ini memiliki nilai estetik yang tinggi. Karena atap keramik ini menimbulkan kesan mewah dan elegan terhadap rumahmu. Selain memiliki nilai estetik, bahan yang tahan lama dan minim perawatan ini bersifat ramah lingkungan. Akan tetapi, kekurangan dari dari jenis ini yaitu mudah pecah dan kurang tahan terhadap angin.


Dari referensi yang sudah dijelaskan sudahkah anda menentukan pilihan?

Memiliki rumah idaman merupakan dambaan setiap orang. Tetapi bukan berarti, kita tak bisa memilikinya. Dengan sedikit menabung. Semua keinginan akan tercapai dan tentu dengan material atap rumah terbaik beserta keunggulannya. Menjadikan rumahmu menjadi mewah dan elegan.

Semoga list material-material atap di atas, bermanfaat ya.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>