Makanan

Mengenal Ciri Khas Makanan Medan

Bagi Anda yang suka dengan makanan khas Sumatera Utara, wajib mengetahui ciri khas Makanan Medan. Pastinya setiap daerah memiliki ciri masakan yang berbeda – beda. Hal ini karena penggunaan bahan rempah – rempah yang sesuai selera menjadi faktor pembeda dalam setiap masakan tersebut. Simak penjelasan mengenai ciri masakan Medan, berikut ini.

Ciri Khas Makanan Medan

Pada setiap daerah memiliki perbedaan di dalamnya, mulai dari budaya, bahasa, hingga makanannya. Bagi Anda yang suka dengan dunia kuliner, harus mengetahui ciri khas Makanan Medan. Simak penjelasan makanan khas medan dalam artikel berikut ini.

1. Kebanyakan Masakannya Berkuah

Ciri pertama dalam makanan Medan adalah kebanyakan masakannya berkuah. Adanya kuah dalam setiap masakan tersebut akan menambah rasa segar dan lezat di dalamnya. Biasanya masakan Medan menggunakan bumbu rempah pilihan yang akan menguatkan cita rasa.

Masakan Medan yang berkuah antara lain Lontong Medan, Soto Medan, Mie Gomak, Bihun Bebek, Kari Bihun Tabona, Bakso Lembu, Sop Kepala Kambing, Soto Udang, Mie Sop, Daun Singkong Tumbuk, Sayur Gurih Tauco, Sop Sumsum Langsa, Laksa Medan, dan makanan lainnya.

2. Memiliki Rasa Pedas

Ciri kedua dalam makanan Medan adalah memiliki rasa pedas. Kurang lengkap rasanya bila masakan tidak terasa pedas. Masakan tersebut antara lain Saksang, Bihun Bebek, Bubur Pedas, Sayur Gurih Tauco, Sate Kerang, Rujak Kolam, Kwetiau Ateng, Teri Medan, Daun Singkong Tumbuk, Soto Medan, dan masakan lainnya.

3. Kebanyakan Menggunakan Mie

Ciri ketiga dalam makanan Medan adalah kebanyakan menggunakan mie. Biasanya mie banyak dicari orang dikala malas untuk makan nasi. Namun dalam masakan Medan ini, mie diolah dengan menggunakan bumbu rempah – rempah dengan rasa pedas.

Masakan Medan yang menggunakan mie antara lain Bihun Bebek, Kari Bihun Tabona, Mie Gomak, Mie Aceh Medan, Kwetiau Ateng, Mie Balap, Mie Sop, Mie Pecal, Ci Cong Fan, Mie Pangsit Tiong Sim, dan lainnya.

4. Banyak Menggunakan Santan

Ciri keempat dalam makanan Medan adalah banyak menggunakan santan. Penggunaan santan dalam masakan, akan menambah rasa lezat di dalamnya. Masakan tersebut antara lain Lontong Medan, Kari Bihun Tabona, Kolak Durian, Daun Singkong Tumbuk, Bubur Pedas, Kue Bika Ambon, Lemang, Saksang, dan Makanan Lainnya.

5. Menambahkan Bumbu Rempah

Ciri terakhir dalam makanan Medan adalah menambahkan bumbu rempah – rempah. Dengan menggunakan bumbu rempah – rempah, akan membuat masakan semakin lezat. Masakan tersebut antara lain Soto Medan, Kari Bihun Tabona, Bihun Bebek, Soto Udang, Bakso Lembu, Saksang, Sate Padang, dan lainnya.

Makanan khas Medan sangat cocok bagi Anda yang suka dengan masakan pedas dan cita rasa bumbunya sangatlah terasa. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lainnya, dapat mengunjungi https://www.topijelajah.com. Pastinya semua informasi di sana sangatlah lengkap dan terbaru. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *