Cara Mengobati Kucing Sakit

Cara Mengobati Kucing Sakit

Kucing adalah satu hewan peliharaan yang sangat disukai oleh banyak orang dan tidak mengenal usia, baik orang dewasa dan juga anak- anak sangat menyukai hewan yang satu ini. Kucing memang binatang yang sangat lucu dan menggemaskan, selain itu kucing juga sangat bersahabat degan pemiliknya. Kucing yang sehat akan selalu aktif. Pertanyaannya adalah bagaimana cara mengobati kucing sakit?

Pada saat orang memutuskan untuk memelihara kucing, tidak semua orang memiliki wawasan tentang penyakit pada kucing yang sering menyerangnya. Sehingga ketika, mereka harus dihadapkan dengan kucing Anda yang mengalami sakit tidak bisa berbuat apapun. Itulah kesalahan fatal yang sering terjadi selama ini.

Cara Mengobati Kucing Anda yang Sakit

Setiap mahluk hidup yang bernyawa pasti pernah mengalami sakit. Begitupun pada kucing, jika hewan peliharaan Anda mengalami sakit. Anda pasti akan merasa khawatir dan cemas, bagaimana cara mengatasinya. Dengan demikian, Maka Anda harus menjaga kesehatan kucing kesayangannya dengan baik, agar terhindar dari sesuatu yang tidak Anda inginkan.

Misalkan saja, tiba- tiba kucing kesayangan Anda mengalami demam. Ada beberapa cara mengobati kucing sakit, antara lain:

1. Memberikan Air Putih yang Cukup

Memberikan air putih yang cukup pada kucing yang sedang demam dapat mengindari kucing mengalami dehidrasi. Karena jika kucing mengalami dehidrasi dapat berakibat fatal dan dapat menyebabkan kematian.

2. Mendinginkan Tubuh Kucing

Salah satu cara alternatif untuk menurunkan demam pada kucing yaitu dengan mendinginkan si kucing. Caranya dengan membawa kucing ketempat yang sejuk atau bisa dengan melakukan kipas angina pada tubuh kucing, namun jraknya jangan terlalu dekat.

Tetapi jika suhu kucing tidak turun, maka Anda dapat memberikan bantalan es pada tubuh atau kaki kucing.

3. Memilih Obat Demam untuk Kucing yang Aman

Nah, selain menggunakan cara alternative di atas, Anda juga dapat memberikan obat penurun panas untuk kucing seperi tolfinamic acid. Kenapa harus obat tersebut? Tolfinamic acid dapat menangani berbagai permasalahan pada kucing seperti demam, tumor, infeksi, trauma dan penyakit lainnya.

Untuk dosisnya, Anda dapat memberikan obat tersebut 1 tablet perhari dalam jangka waktu 3 sampai 5 hari untuk berat badan kucing antara 1,5 kg. Jika kucing memiliki berat badan 4 kg sampai 5 kg maka Anda dapat memberikan 3 tablet per hari.

4. Istirahatkan Kucing

Dengan melakukan pengobatan di atas, Anda juga harus sering- sering mengistirahatkan si kucing. Jangan membiarkan kucing teralu sering bergerak. Melakukan pemijatan pada kucing secara pelan- pelan, hal itu akan membantu melancarkan peredaran darah pada kucing dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

Jika cara mengobati kucing sakit di atas sudah Anda lakukan, namun demam pada kucing tidak kunjung turun, maka sebaiknya Anda bawa kucing ke dokter hewan. Untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *