Pantai Banyu Tibo Pacitan
Wisata

Pantai Banyu Tibo

Kota Pacitan Jawa Timur memang memiliki beberapa pantai yang indah, selain Pantai Klayar ada juga Pantai Banyu Tibo yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai Banyu Tibo memiliki berbagai fenomena alam yang unik, dan juga hamparan pantai pasir coklat yang indah.

Sehingga tempat ini menjadi salah satu destinasi liburan baik warga lokal maupun wisatawan dari luar. Mari kita simak apa saja yang menjadikan tempat wisata Pantai Banyu Tibo ini layak untuk kita kunjungi.

Hal Menarik dari Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo Pacitan
Pantai Banyu Tibo Pacitan

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi pantai ini. Lalu, apa saja yang akan kamu temukan disini? Berikut ulasannya.

Pesona Pantai Banyu Tibo

Ketika pertama kali sampai di lokasi ini maka akan disambut oleh pemandangan sungai yang sangat indah dengan air yang jernih. Uniknya air sungai ini berasal dari sebuah air terjun yang terdapat di Pantai Banyu Tibo dengan pemandangan yang tidak biasa.

Air Terjun

Pantai ini dinamakan Pantai Banyu Tibo yang berarti air jatuh dari bahasa jawa, karena memang pada pantai ini ada air terjun layaknya di dataran tinggi. Fenomena air terjun ditengah pantai inilah yang mejadi daya tarik utama dari Pantai Banyu Tibo sendiri.

Untuk dapat menuju lokasi pantai, kamu perlu menuruni anak tangga yang bersanding indah dengan air terjun itu sendiri, sehingga spot ini juga sering dijadikan area foto bagi para pengunjung. Setelah kamu sampai dibawah, kamu akan disambut oleh hamparan pasir yang bersih dan tentunya air terjun.

Snorkeling

Dengan membayar biaya sebesar Rp.50.000 kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling disini. Jangan salah, selain keindahan pemandangan dan air terjun, Pantai Banyu Tibo juga terkenal akan pemandangan bawah airnya.

Pantai ini hanyalah satu dari sekian banyak pantai indah yang ada di Pacitan. Kamu bisa membuka situs rutemu untuk ulasan yang lebih lengkap.

Fasilitas di Pantai Banyu Tibo

Bagi pengunjung yang ingin menginap, di daerah tempat wisata Pantai Banyu Tibo inipun ada banyak homestay yang dapat kamu sewa. Sehingga bagi  pengunjung luar kota tidak perlu kesusahan apabila sampai ketempat ini kesorean. Selain homestay juga terdapat berbagai fasilitas umum lainnya, baik itu kamar mandi hingga warung-warung yang menjual aneka ragam makanan.

Lokasi Pantai Banyu Tibo

Berlokasi di desa Widoro, Kecamatan Donorojo, untuk sampai kelokasi pantai ini kita hanya perlu menempuh jarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Pacitan dengan mengambil rute ke arah selatan.

Kontur jalan yang berkelok-kelok namun halus, sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila ingin mengunjungi tempat wisata Pantai Banyu Tibo ini. Walaupun jalan yang terbilang halus namun kamu tetap harus berhati-hati, terutama yang berkendara saat sore hari menjelang malam karena untuk penerangan jalannya sendiri masih tergolong minim.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo

Untuk tiket masuh wisata pantai Pantai Banyu Tibo ini sendiri relative murah dan bervariasi.

Harga tiket Senin-Jum’at :

  • Anak-anak: Rp.2.000 per orang
  • Orang dewasa: Rp.3.000 per orang

Harga tiket Sabtu-Minggu:

  • Anak-anak: Rp.3.000 per orang
  • Orang dewasa: Rp.5.000 per orang

Gimana, murah bukan harga tiket yang harus kamu bayarkan. Selain biaya tiket itu  sendiri, kamu juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan dan tentunya ada biaya tambahan untuk menikmati beberapa fasilitas.

Keindahan alam pantai yang dikelilingi tebing karang dan dihiasi oleh jernihnya air terjun menjadikan Pantai Banyu Tibo wajib dikunjungi apabila kamu sedang berlibur ke kota Pacitan. Berbagai fasilitas lengkap tentunya menunjang para pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *