peluang usaha pertanian
Categories:

Peluang Usaha Pertanian

Anda ingin merintis usaha tapi tidak tahu harus mulai dari mana?

Gampang, pertama Anda harus menentukan bidang yang prospektif untuk bisnis tersebut. Bidang apakah itu? Bidang yang tengah naik daun adalah pertanian.

Bidang pertanian masih menyediakan peluang yang cukup menjanjikan bagi Anda yang ingin memulai usaha. Ada begitu banyak bisnis yang bisa Anda jalankan dalam bidang ini. Penasaran? Yuk, cari tahu ide-ide usaha yang bisa Anda jalankan di bidang pertanian.

Toko Alat-Alat Pertanian

toko alat pertanian
Sumber gambar: belajartani.com

Jika Anda mempunyai modal yang lumayan besar, ide usaha pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah membuka toko alat-alat pertanian. Terutama jika Anda berdomisili di daerah pedesaan, bisnis ini bisa berkembang dengan cukup bagus.

Jika mayoritas penduduk adalah petani, otomatis mereka akan selalu membutuhkan obat dan alat pertanian. Anda bisa menyediakan pupuk, bibit tanaman, hingga peralatan seperti cangkul, garpu tanah, dan lain sebagainya.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini memang cukup besar. Tapi jika Anda punya modal pas-pasan, jangan khawatir. Anda tetap bisa memulai bisnis yang satu ini.

Caranya adalah dengan menjadi reseller. Dengan sistem dropship, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak.

Menjual Benih Tanaman

Ide berikutnya yang tidak boleh Anda sepelekan adalah bisnis benih tanaman. Dewasa ini animo masyarakat untuk bercocok tanam semakin tinggi. Dengan demikian, permintaan benih tanaman juga semakin besar.

Anda bisa menjual benih tanaman buah, sayur, hingga tanaman hias. Bisnis ini bisa Anda jalankan baik di pedesaan maupun perkotaan.

Bicara mengenai modal, menjual benih-benih tanaman ini bisa dibilang lebih minim modal. Biasanya usaha ini disampingkan dengan usaha bidang pertanian lainnya.

Budidaya Sayuran Organik

Sayuran organik tengah digandrungi oleh masyarakat. Peluang bisnis sayuran organik masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan. Peningkatan permintaan dari masyarakat belum seimbang jika dibandingkan dengan pasokan dari petani yang terbilang sedikit.

Untuk menjalankan usaha budidaya sayuran organik, Anda tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Berbekal modal secukupnya ditambah dengan keuletan dan kesabaran, Anda bisa meraup banyak keuntungan dari bisnis yang satu ini.

Dilihat dari penjualan, harga sayuran organik jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan sayuran biasa. Ini bisa jadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang ingin merintis bisnis sayuran organik.

Nah, mengenai tips budidaya pertanian ini bisa Anda pelajari juga di budidaya.id.

Toko Tanaman Hias

Jika menjual benih tanaman terlalu menguras modal, Anda bisa fokus pada menjual tanaman hias saja. Peluang bisnis ini masih besar karena tanaman hias masih sangat populer di kalangan masyarakat.

Trend yang berubah serta variasi tanaman hias yang semakin beragam membuat bisnis ini layak untuk dipertimbangkan.

Apalagi jika Anda termasuk pecinta tanaman hias, tidak ada salahnya menghasilkan uang dari bidang yang Anda sukai. Perhatikan tanaman hias yang tengah populer di masyarakat kemudian cari pangsa pasar yang bagus agar bisnis Anda bisa berjalan dengan baik.

Ada beragam jenis tanaman hias yang bisa Anda coba, daftar berikut ini sekiranya bisa Anda jadikan sebagai inspirasinya:

  • Tanaman hias bunga, seperti anggrek, mawar, melati, alamanda, kiky, dsb.
  • Tanaman hias daun, seperti kuping gajah atau aglaonema.
  • Tanaman hias gantung.
  • Tanaman hias air.

Budidaya Tanaman Hidroponik

bisnis hidroponik

Jumlah petani hidroponik yang tidak terlalu banyak membuka peluang besar bagi Anda untuk menekuni bisnis yang satu ini. Budidaya tanaman hidroponik tidak membutuhkan lahan yang besar sehingga cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan dengan lahan sempit.

Modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar. Anda hanya perlu menyiapkan pipa paralon, media, pompa air, dan bibit tanaman.

Bagaimana dengan prospek bisnis hidroponik?

Juragan Pupuk

Pupuk ternyata tidak hanya laris untuk usaha pertanian yang ada di pedesaan, di perkotaan nyatanya juga laku.

Sejak merebaknya trend urban farming ataupun tanaman hias di rumah, kebutuhan akan pupuk cukup dibutuhkan baik di masyarakat pedesaan maupun perkotaan.

Konsultan

Bila Anda memiliki pengalaman atau ilmu tentang pertanian, usaha konsultan ini bisa pula dicoba. Bisa dari pengalaman Anda sebagai praktisi atau dari background Pendidikan Anda. Biasanya bentuk dari usaha ini berupa tim-tim penyuluh di bidang pertanian.

Perihal luasnya pasar, cukup luas karena Indonesia merupakan negara agraris.

Masyarakat semakin menggemari sayuran yang ditanam secara hidroponik karena lebih bersih dan sehat.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa bisnis hidroponik sangat menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *