Categories:

Rumus Rumus Dasar Microsoft Excel

Rumus Dasar di Microsoft Excel – Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang paling banyak digunakan di dunia. Karena Excel adalah program pengolah angka, maka tidak heran jika ada banyak rumus di Excel yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja kita dalam memproses angka di Microsoft Excel.

Jika Anda ingin menambahkan atau rata-rata sekumpulan data, atau bahkan menemukan jumlah data, Anda perlu menggunakan rumus. Begitu banyak rumus, tidak semua rumus yang kita gunakan dan ingat. Karena kita biasanya mengingat rumus dasar dan yang ada hubungannya dengan data yang telah kita buat.

Ada beberapa rumus dasar yang perlu kita ketahui dan hafalkan. Tapi teman tidak tahu atau lupa. Untuk itu disini saya akan menjelaskan dan mengingatkan anda tentang rumus dasar Microsoft Excel yang wajib anda ketahui dan ingat.

SUM

Rumus pertama adalah rumus penjumlahan. SUM biasanya digunakan untuk menjumlahkan record yang telah Anda buat. Untuk menggunakan rumus ini, Anda dapat menulis = SUM (angka1, angka2, dst). Number1, Number2, dll. adalah rentang data yang akan ditambahkan.

AVERAGE

Mean umumnya digunakan untuk menghitung rata-rata dari sekumpulan data. Untuk menggunakan rumus ini, Anda dapat menulis = AVERAGE (angka1, angka2, dst). Angka1, Angka2, dll. adalah rentang data untuk menemukan nilai rata-rata.

MAX

Rumus berikut adalah MAX. Fungsi MAX digunakan untuk menentukan nilai maksimum suatu record data. Untuk menggunakan rumus ini, tulis = MAX (angka1, angka2, dst.). Number1, Number2, dll. adalah rentang data untuk mencari nilai tertinggi atau tertinggi.

MIN

Rumus MIN adalah kebalikan dari rumus MAX. Ketika rumus MAX menemukan nilai maksimum, rumus MIN menemukan nilai minimum. Untuk menggunakan rumus ini, Anda dapat mengetik = MIN (angka1, angka2, dst). Number1, Number2, dll adalah rentang data untuk menemukan nilai terendah atau nilai minimum.

COUNT

Hitungan adalah rumus untuk menghitung jumlah data dalam kumpulan data. Jika ingin mengetahui jumlah data dalam sebuah record, masukkan = COUNT (Number1, Number2, dst). Untuk Nomor1, Nomor2, dll., rentang data yang dihitung adalah jumlah data.

DATE

DATE adalah formula untuk memasukkan tanggal, bulan, dan tahun. Untuk menggunakan rumus ini, ketik = DATE (Tahun, Bulan, Hari); Tahun, Bulan, Hari diisi dengan tanggal, bulan dan tahun yang ingin diisi.

MONTH

Tujuan dari rumus ini adalah untuk mendapatkan bulan dalam sel yang berisi tanggal, bulan dan tahun. Untuk menggunakan rumus ini, Anda dapat mengetikkan = MONTH (sel). Sel yang dimaksud adalah sel yang berisi tanggal, bulan dan tahun yang hanya digunakan untuk bulan tersebut.

DAY

Begitu juga dengan MONTH. Rumus ini digunakan untuk mendapatkan hari dalam sel yang berisi tanggal, bulan, dan tahun. Untuk menggunakan rumus ini, ketik = DAY (sel).

YEAR

Rumus YEAR sama dengan rumus MONTH dan DAY yang menggunakan tahun dalam sel dengan tanggal, bulan, dan tahun. Rumusnya adalah = TAHUN (sel).

IF

Rumus IF adalah rumus logika yang digunakan untuk melakukan uji benchmark, seperti: B. Benar, Salah, Lulus, Gagal, dll. Untuk menggunakan rumus ini, biasanya kita menggunakan karakter pembanding seperti =,>, <, dan lain-lain. Karena rumus ini panjang, sangat sedikit orang yang bisa menggunakan rumus ini. Padahal, inilah rumus dasar yang harus teman-teman kuasai. Untuk menggunakan rumus ini, (misalkan saya menggunakan perbandingan Lulus dan Gagal) = IF (sel> data; “Lulus”; “Gagal”). Sel di sini adalah sel yang berisi data untuk dibandingkan. Tanda > digunakan untuk membandingkan tanggal dalam sel yang lebih besar dari tanggal yang ditentukan. Data adalah penentuan data yang akan dibandingkan dengan data di dalam sel. Lulus dan Gagal adalah deskripsi yang muncul pada data yang dibandingkan jika cocok dengan data yang ditentukan.

Baca juga : Rumus Rumus Excel di situs gudangnyalink.com

Kata terakhir

Berikut adalah beberapa rumus dasar dalam Microsoft Excel. Sebenarnya masih banyak lagi rumus-rumus dasar yang belum dijelaskan. Mungkin lain kali ada waktu akan saya lanjutkan. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya. Selamat tinggal ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *