Sejarah-Pramuka
Pendidikan

Sejarah Pramuka

Pramuka merupakan sekelompok organisasi atau sebuah gerakan pendidikan yang berpakaian khusus bersifat nonformal. Proses kegiatan pramuka ini dilakukan diluar lingkungan sekolah, keluarga maupun diperkotaan. sehingga kegiatan ini biasanya dilakukan pada alam yang terbuka yang dapat membuat suasana nyaman, menarik dan menyenangkan.

Salah satu tokoh dari gerakan ini adalah ‘’Baden Powell’’ beliaulah pendiri gerakan pramuka, dan beliau juga terkenal sebagai Bapak Pandu Sedunia.

Supaya lebih jelas sebaiknya Anda simak lebih detail ulasan mengenai sejarah pramuka dibawah ini.

Sejarah Berdirinya Pramuka

Pertama kali ketika pramuka dilakukan oleh beliau Baden Powell sebagai bpk pendiri gerakan pramuka yaitu saat beliau malakukan perkemahan yang pertama kali dengan anak laki-laki berjumlah sekitar 22 orang pada tanggal 25 Juli 1907 di Negara Inggris, pulau Brownsea.

Kurang lebih sekitar 8 hari perkemahan tersebut dilaksanakan, sehingga selepas dari perkemahan itu yang telah menjadi dampak yang bersejarah di gerakan pramuka baik didunia maupun Indonesia.

Bapak Pandu Sedunia ‘’ Baden Powell’’ ini dikenal orang yang cerdas dan humoris sehingga beliau sangat disukai banyak orang. Didalam bukunya juga beliau pernah menuliskan segala pengalamannya yang pernah dialami baik saat pernah bergabung dimiliter inggris hingga asal mula sejarah pramuka berdiri.

Sejarah Pramuka Di Dunia

Di dalam buku yang berjudul ‘’ Scouting For Boys ‘’ pada tahun 1908 beliau menuliskan segala panduan mengenai kegiatan perkemahan, dan saat itulah sejarah pramuka mulai dikenal dunia. Buku tersebut ternyata laku keras di Negara Inggris dan juga Negara-negara lain, sehingga gerakan ini mulai bermunculan.

Namun didalam gerakan ini rata-rata masih dilakukan oleh anak laki-laki, sehingga kemudian adik perempuan yang bernama ‘’ Agnes ‘’ dari bapak Pandu Sedunia ini mendirikan untuk wanita yang diberinama ‘’ Girl Guides ‘’.

Singkat cerita pada tahun 1922 bapak Pandu Sedunia ini kembali menerbitkan buku lagi yang berjudul ‘’ Rouvering To Succes ‘’ yang berarti Mengembara Menuju Bahagia. Buku itu menceritakan kisah seseorang pemuda yang ingin cepat mengayuh perahunya hingga pantai bahagia.

Gerakan pramuka kemudian mengadakan jambore untuk pertama kalinya dengan sekala dunia yang telah diikuti dari 34 negara. Jamboree tersebut di lakukan pada 30 Juli hingga 8 Agustus tahun 1920 Di Negara London, Olympis Hall.

Sejarah Pramuka Di Indonesia

Gerakan pramuka masuk ke Indonesia ketika saat masa penjajahan baik belanda maupun jepang, sehingga gerakan ini mengalami naik turun didalam organisasi.

Pertama masuk ke Indonesia masa penjajahan belanda gerakan ini didirikan dengan sebutan NIPV ‘’ Nederland Indische Padvinders Vereeniging’’ yang mempunyai arti persatuan pandu-pandu Hindia Belanda.

Sejumlah tokoh juga beranggapan bahwa organisasi ini bisa untuk membentuk karakter. Sehingga singkat cerita tahun 1930 setelah Sumpah Pemuda masyarakat Indonesia menggabungkan kapaduan organisasi menjadi PPS ‘’ Pandu Pemuda Sumatera dan Membentuk juga PAPI ‘’ Persatuan Antar Pandu Indonesia pada tahun 1931.

Kemudian saat itu sekitar tahun 1936 dilakukan perubahan nama yaitu BPPKI Singkatan dari Badan Pusat Persaudaraan Kapanduan Indonesia, didalam naungan badan tersebut kemudian melaksanakan kegiatan yang bernama PERKINO ‘’ Perkembangan Kapanduan Indonesia Oemoem ‘’ kegiatan tersebutlah yang menjadi perkemahan Jambore hingga sekarang.

Itulah mengenai sejarah pramuka singkat yang telah Kami bahas, semoga bisa untuk menambah wawasan Anda mengenai gerakan organisasi yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *