Islam

Sholat Fardhu

Assalmu’alaikum wr.wb. Bismillahirrahmanirrahim,Sahabat, puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah yang telah memanjangkan umur kita sehingga kita masih bisa menjalani hari ini dengan penuh kebahagiaan dan keridhaannya..

Wajibnya Shalat Fardhu

Apakah yang dinamakan shalat fardhu? Shalat fardhu adalah shalat wajib lima waktu yang  dilakukan sehari semalam. Shalat merupakan aktivitas ibadah bagi umat islam. wajib artinya harus dilaksanakan  bagi umat islam yang sudah baligh (15 Tahun atau telah bermimpi bersenggama hingga keluar sperma).

Jika tidak mengerjakan shalat , maka akan mendapat siksa dari Allah swt. Apa saja shalat lima waktu tersebut ?Shalat lima waktu adalah shalat dhuhur yang dilakukan 4 rakaat. Shalat ashar adalah shalat yang dilakukan 4 rakaat. Shalat maghrib adalah shalat yang dilakukan 3 rakaat. Shalat isya’ adalah shalat yang dilakukan 4 rakaat.

Kemudian shalat subuh yang dilakukan 2 rakaat. Jadi semuanya berjumlah 5 kali shalat dan 17 rakaat. Mengapa shalat hukumnya wajib ? shalat adalah media untuk mengingat kepada Allah .jadi aktivitas sehari-hari yang menjenuhkan tenaga dan pikiran, harus disegarkan dengan sujud mengingat Allah swt.

 

Baca Juga : 5 niat sholat fardhu di situs nyamankubro.com

 

Shalat adalah ibadah fardhu, maka kegiatan apapun yang kita lakukan seperti blogging, kerja di kantor, membajak sawah, bahkan tidur pun, wajib ditinggalkan demi untuk melaksanakn ibadah shalat fardhu. Shalat adalah amanah yang besar dan berat. Saking pentingnya perintah shalat lima waktu Allah memanggil langsung nabi Muhammad dalam peristiwa isra’ mi’raj.

Hikmah Diwajibkannya Shalat Bagi Manusia

Nabi Muhammad saw bersabda dilangit dunia ada sebuah lingkaran yang mengitari matahari. Apabila matahari bergeser ,tiap-tiap malaikat bertasbih, maka Allah memerintahkan shalat pada waktu disaat pintu-pintu langit dibuka dan tidak akan akan ditutup hingga shalat dhuhur dilakukan dan doa pada waktu itu dikabulkan.

Adapun shalat ashar adalah saat setan membuat keraguan pada nabi adam hingga memakan buah pohon khuldi yang dilarang. Allah swt memerintahkan kepadaku dan umatku untuk shalat saat itu. Adapun maghrib adalah saat Allah swt menerima taubat nabi adam ketika menerima beberapa kalimat dari Tuhannya.

Maka melakukan shalat itu untuk bertaubat dari dosa-dosa yang telah mereka lakukan. Adapun shalat isya’ adalah shalat para Rasul sebelumku. Sedangkan shalat subuh adalah dilakukan pada saat matahari terbit. Matahari terbit diantara kedua tanduk setan, dan setiap orang kafir sujud kepada matahari tidak kepada Allah.

Maka Allah swt memerintahkan kepadaku dan umatku untuk shalat dua rakaat sebelum orang kafir sujud kepada selain Allah.

Cara Niat Shalat Fardhu

  • Niat : berdiri tegak menghadap kiblat sambil berniat untuk melaksanakan shalat fardhu. “ushalli fardhud dhuhri arbaa rakaatin adhaan mustaqbilal kiblati lillahita’ala” (aku berniat shalat dhuhur empat rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala). niat sesuai dengan pelaksanaan waktu shalat, misal isya, subuh, ashar, maghrib niatnya juga sama.
  • Takbiratul ikram
  • kedua tangan disedekapkan , lalu membaca doa iftitah.
  • Membaca surah al-fatihah
  • Membaca surah ayat al-Qur’an
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Duduk tasyahud/tahiyat akhir
  • Salam

Manfaat Shalat

Apakah dengan shalat maka akan menghilangkan kesempitan atau musibah. Allah swt akan menghindarkan orang yang terjaga shalat lima waktu dari kesempitan hidup baik didunia maupun diakhirat.

Hal lain diantara ialah menghindarkan dari siksa kubur. Menyelamatkan manusia di akhirat nanti. Dan mendapatkan pahala serta kebajikan dari Allah swt.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *