Skincare untuk pemula
Categories:

12 Rekomendasi Produk Skincare untuk Pemula

Kali ini, aku akan membuat satu ulasan tentang rekomendasi skincare untuk pemula. Sebagai pemula dalam dunia skincare, tentu kamu akan bingung ketika akan menentukan produk mana yang akan kamu gunakan pertama kali. Bukankah begitu?

Hal ini tentu saja sangat wajar. Dikutip dari Syarah.id, ada beberapa hal utama yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu ketika ingin memulai perawatan untuk kulit wajahmu. Secara singkat, kamu bisa memulai dengan hal paling dasar dalam merawat kulit, yaitu membersihkan kulit.

Ada beberapa cara untuk membersihkan kulit. Perbedaannya terdapat pada jenis kulit, jenis produk, dan juga gaya hidup.

Untuk orang-orang yang setiap harinya menggunakan makeup, maka sangat disarankan untuk melakukan double cleansing. Yaitu membersihkan kulit dalam 2 tingkatan. 

Yang pertama bertujuan untuk menghapus kotoran atau sisa makeup pada permukaan wajah. Yang kedua bertujuan untuk menghilangkan residu dan bisa juga untuk mengangkat sel kulit mati.

Berikut ini hal-hal yang harus kamu perhatikan saat ingin mulai merawat kulitmu!

First Cleanser 

Seperti yang sudah aku jelaskan di atas, first cleanser ini berfungsi untuk membersihkan kotoran atau sisa makeup yang menempel pada kulit wajahmu. 

First cleanser ini juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kulitmu, apakah ia benar-benar mampu mengangkat makeup yang cukup tebal, atau kotoran yang menumpuk setelah seharian berkegiatan.

Beberapa rekomendasi produk untuk first cleanser yaitu :

  • Garnier Oil-Infused Micellar Cleansing Water

First cleanser yang pertama aku rekomendasikan adalah micellar water dari Garnier dengan formula oil-infused. Selain ia cukup lembut di kulit, ia juga mampu membersihkan wajah secara maksimal tanpa harus mengusap wajah dengan kasar atau berlebihan.

  • Nivea Micellar Skin Breathe Expert

Yang kedua yaitu micellar water dari Nivea, yaitu Nivea Micellar Skin Breathe Expert. Basic cleanser ini aku rekomendasikan karena selain ringan, lembut, ia juga tidak mengandung alkohol serta fragrance. Sehingga lebih aman untuk pemula, terlebih yang memiliki kulit sensitif.

  • Fanbo All in One Deep Cleansing Balm

Produk selanjutnya bukanlah micellar water, melainkan cleansing balm. Secara fungsi, ia sama dengan micellar water, namun biasanya lebih mudah dan kuat untuk digunakan sebagai makeup remover, terlebih untuk makeup bold. Sama seperti cleansing balm pada umumnya, Fanbo All in One Deep Cleansing Balm berbentuk seperti wax dan akan melt ketika terkena suhu tubuh. 

Meskipun begitu, setelah digunakan, produk ini tidak meninggalkan kesan greasy pada kulit. 

Second Cleanser

Tahap kedua setelah first cleanser adalah second cleanser, yang bisa dilakukan dengan cara menggunakan produk-produk pembersih akhir yaitu facial wash atau facial foam. Dengan tahap kedua ini, kulit akan lebih bersih. Tahap ini dilakukan agar tidak ada residu dari makeup, kotoran, ataupun first cleanser yang tertinggal yang dapat menyumbat pori-pori. Berikut ini produk-produk rekomendasi sebagai second cleanser.

  • Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash

Face Wash yang tidak mengandung fragrance dan sangat lembut ini memang cukup aku rekomendasikan. Selain karena ia tidak mengandung minyak esensial, ia juga tidak membuat kulit menjadi kering setelah dibilas.

  • Acnes Creamy Wash

Memiliki tekstur yang creamy, face wash ini juga tak kalah lembut dibandingkan face wash milik Hada Labo. Ia juga memiliki klaim dilengkapi dengan kandungan vitamin C dan E. Namun, ia agak membuat kulit terasa kesat dan sedikit kering.

  • Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser

Yang satu ini masih mengandung fragrance yaitu wangi mawar yang lembut dan tidak menyengat sama sekali. Busanya pun tidak terlalu banyak dan tidak membuat kulit menjadi kering setelah dibilas.

Toner

Yang selanjutnya adalah toner. Dengan toner, kulit menjadi lebih siap dan lembab, sehingga skincare yang lain mampu terserap lebih maksimal. Kulit juga semakin bersih. Berikut ini rekomendasi toner dikutip dari Syarah.id yang aman untuk digunakan oleh pemula sepertimu!

  • Wardah Purifying Toner

Toner yang diformulasikan untuk kulit normal hingga berminyak ini selain harganya yang cukup terjangkau, ingredientsnya pun tidak “neko-neko”. Toner ini cukup untuk mengembalikan kesegaran dan  kelembaban yang ada di kulit wajahmu.

  • Wardah Acnederm Pore Refining Toner

Toner selanjutnya masih dari Wardah, yaitu Wardah Acne Derm Pore Refining Toner. Mengandung Aloe Vera dan juga Witch Hazel, yang mampu menyeimbangkan kadar sebum pada kulit. Sehingga jika kamu memiliki kulit wajah yang berminyak atau kering, toner ini akan membantumu mengembalikan keadaan kulitmu seperti semula dimana keduanya seimbang.

  • Emina The Bright Stuff Face Toner

Yang terakhir, masih saudara nih sama Wardah, yaitu Emina The Bright Stuff Face Toner. Toner yang memiliki formulasi bebas alkohol, dengan kandungan vitamin B3 yang mampu melembabkan serta mencerahkan wajah. 

Moisturizer

Yang terakhir adalah pelembab atau moisturizer. Pelembab ini merupakan salah satu produk kunci yang mustahil nggak dibutuhkan. Karena, kulit yang terjaga kelembabannya sepanjang waktu, maka akan lebih mudah untuk regenerasi ataupun memperbaiki sel-sel yang memang butuh diperbaiki. Berikut ini beberapa rekomendasi pelembab untukmu!

  • Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

Pelembab yang bisa membuat wajah tampak lebih cerah setelah pemakaian. Pelembab ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit wajah normal atau berminyak. Terlebih lagi, produk ini sudah dilengkapi dengan spf 15.

  • Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Moisturizer Cream

Yang kedua datang dari Wardah, yaitu Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Moisturizing Cream. Sesuai dengan namanya, pelembab ini memiliki tekstur layaknya krim namun tetap terasa ringan dan tidak lengket setelah meresap ke kulit.

  • SAFI Dermasafe Soothe & Hydrate Day Moisturizer

Terakhir, ada pelembab dari Safi, dengan formulasi khusus untuk pemakaian sehari-hari. Pelembab ini memiliki tekstur gel bening yang ringan sehingga cocok untuk semua jenis kulit, dan aman untuk digunakan oleh wajah berminyak sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *