teks eksplanasi
Categories:

Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri, Contoh

Teks eksplanasi sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, tapi kebanyakan orang tidak tau apa otu teks eksplanasi. Pasti hampir semua orang pernah membaca berita mengenai bencana alam, seperti banjir, tsinami, dan lain sebagainya.

Atau kalian pernah membaca berita tentang aksi protes atau aspirasi masyarakat kepada pemerintah di depan umum. Nah, itulah salah satu jenis teks eksplanasi, eksplanasi adalah kata yang diadopsi dari bahasa Inggris, yakni Explanation yang berarti penjelasan.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu, hal tersebut bisa berupa fenomena alam, kejadian sosial, atau bahkan budaya yang terjadi dalam kehidupan kita.

Teks ini menjelaskan emngenai sebuah peristiwa yang terjadi, mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi, dan bagimana akibat yang muncul dari peristiwa tersebut.

Jenis teks ini sering menjelaskan tentang apa yang sedang terjadi di sekitar. Teks ini tidak selalu membahas emngenai benca yang mengundan duka, teks ini bisa berupa penjelasan mengenai bagaimana proses terjadinya terjadinya hujan.

Intinya, jenis teks ini adalah salah satu bentuk pembelajaran dan bisa diaplikaskan pada topik apapun asalkan topik tersebut mempunyai dasar keilmuan yang jelas

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan dari dibuatnya teks ini adlaah untuk menjelaskan mengenai suatu peristiwa yang terjadi. Dan sebagai sebuah bentuk proses pembelajaran, dijelaskan juga tentang hubungan sebab-akibat dari peristiwa yang diceritakan. Bentuk dari teks ini memberikan edukasi bagi para pembaca teks eksplanasi.

Ciri – Ciri Teks Eksplanasi

ciri ciri teks eksplanasi
Image by Unsplash

Jenis teks eksplnasi sangat mudah untuk dibedakan dengan jenis teks yang laian. Hal tersebut dikarenakan ciri teks eksplanasi, jauh berbeda dengan teks yang lain. Berikut ini adalah beberapa ciri atau karakteristik dari teks eksplanasi, antara lain.

  1. Tulisan teks ini terdiri dari gambaran umum, urutan proses sebab-akibat, serta interpretasi.
  2. Adanya urutan, contohnya pertama, kedua, ketiga, terakhir, berikutnya, dan sebagainya.
  3. Bersifat informatif dengan tidak mencoba untuk mengarahkan para pembaca pada opini tertentu.
  4. Fakta yang dibahas pada teks ini menyertakan penjelasan ilmiah atau keilmuan.
  5. Memuat informasi faktual, yang artinya kejadian benar – benar terjadi.

Kaidah Penulisan Teks Eksplanasi

Penulisan dalam teks jenis ini terkesan lebih kaku dibandingkan dengan jenis tulisan teks yang lain. Hal tersebut dikarenkana adanya kaidah dalam penulisan teks ini, kaidah ini adalah aturan yang harus diikuti dalam menulis teks eksplanasi. Berikut ini adalah beberapa kaidah kebahasaan dalam menulis teks eksplanasi, antara lain.

  1. Mempunyai sifat yang umum dan bukan fokus pada manusianya.
  2. Menggunakan istilah ilmiah khusus.
  3. Ditulis dalam bentuk kalimat pasif
  4. Penggunaan kata kerja aktif
  5. Adanya konjungsi wakti dan kausal. Contohnya seperti pertama, kedua, ketiga, kemudian, selanjutnyam dan terkahir. Konjungsi waktu, seperti sehingga, jika, maka, dan bila.
  6. Jenis teks ini ditulis untuk membuat justifikasi untuk menerangkan jika topik yang ditulis memang nyata.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai teks eksplanasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *