Categories:

Tempat Camping di Dieng

Aktivitas untuk menghabiskan waktu liburan bagi anak muda sangat beragam. Mereka mempunyai selera yang berbeda-beda. Ada yang pergi ke wisata modern dengan berbagai wahana menarik, ada pula yang lebih suka dengan rekreasi yang bernuansa alam.

Memang, setiap tujuan pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Mengenai wisata alam, ada banyak hal yang dapat kita peroleh. Misal bisa merasakan hawa sejuk khas pegunungan serta ketenangan yang jauh dari pusat kota.

Tempat Camping di Dieng

Tempat Camping di Dieng

Berkunjung ke wisata alam kurang mengasikkan jika dilakukan tanpa menginap. Bagi anak muda, camping adalah kegiatan yang sangat seru. Selain bisa bercengkrama secara langsung dengan alam, mereka bisa quality time dengan teman-temannya.

Apabila kamu sedang mengagendakan liburan ke Dieng, maka artikel ini merupakan pilihan yang tempat. Kami rangkum dari situs Piknikly yang menyebutkan ada 31 obyek wisata di Dieng dan beberapa diantaranya bisa kamu jadikan sebagai tempat camping.

Gunung Prau

Salah satu gunung yang pemula friendly dan terkenal akan panorama alamnya yang sangat indah. Gunung ini meliputi dari 4 kabupaten, salah satunya bisa dituju melalui Wonosobo alias kawasan wisata Dieng.

Agar bisa bermalam di puncak gunung, tentunya kamu harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Bisa dibilang susah-susah gampang, pastinya kamu harus meyiapkan segala sesuatunya secara matang.

Apabila ingin melalukan pendakian dengan waktu tempuh yang relatif pendek, gunakan jalur pendakian melalui basecamp Patak Banteng. Selain itu, jalur ini merupakan pilihan yang populer dikalangan pendaki. Tapi ingat, setelah melewati Pos 2 kamu akan menemukan jalur yang curam dan terus menanjak.

Kalau ingin santai dan hemat tenaga, bisa gunakan jalur via Dieng Kulon. Tapi ya waktu tempuhnya lebih lama dibanding jalur yang lain.

Apa yang kamu temukan disini? Selain bermalam di puncak gunung, kamu bisa menikmati matahari terbit yang menawan. Tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata, pokoknya kamu harus lihat sendiri secara langsung.

Telaga Cebong

Kalau kamu ingin yang lebih santai dibanding mendaki gunung, bisa mencoba yang satu ini. Telaga Cebong juga masih masuk di kawasan wisata Dieng dan tentunya kamu dapat mendirikan tenda di telaga ini.

Menariknya, meski berada di alam luar, kebutuhanmu selama camping dapat terpenuhi dengan baik. Banyak fasilitas yang bisa kamu temukan seperti mushola, toilet umum, warung hingga penjual yang menawarkan aksesoris khusus di daerah dataran tinggi.

Asiknya lagi, Telaga Cebong merupakan camp area yang sering dipilih oleh pengunjung sebelum melakukan pendakian ke Bukit Sikunir.

Tenang aja, pendakian ini cukup mudah kok. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai puncak dan menikmati sunrise yang digadang-gadang menjadi spot sunrise terbaik se-Asia Tenggara.

Bukit Sidengkeng

Last but not least, Bukit ini juga menjadi rekomendasi terbaik untuk camping di wisata Dieng. Tidak memerlukan pendakian tapi tetap menawarkan pemandangan alam yang menawan.

Dari sini kamu akan disuguhkan dengan view 2 danau ikonik dari Dieng, yaitu telaga Warna dan telaga Pengilon.

Menarik bukan? Segera tentukan salah satu dari beberapa tempat camping di Dieng yang kami sebutkan diatas. Jangan lupa untuk menengok saran destinasi lainnya melalui situs sumber kami. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *