Tips Liburan Hemat dan Nyaman
Categories:

Tips Liburan Hemat dan Nyaman

Untuk kalian yang telah rindu berwisata, maka waktu libur panjang yang ada dapat kalian manfaatkan. Namun tentu saja pada waktu pandemi seperti sekarang, kalian juga harus menyiapkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk pergi liburan.

Berikut ini adalah beberapa tips serta persiapan liburan hemat dan nyaman yang dapat kalian terapkan, antara lain:

1. Tentukan Tempat Wisata

Mencari tempat yang aman dan sesuai budget untuk berallibur adalah hal pertama yang harus kalian lakukan.

Sangat disarankan guna mengunjungi tempat wisata yang masuk ke dalam zona hijau, supaya risiko untuk terpapar virus Covid-19 akan lebih minim.

Tak hanya itu, kalian juga disarankan untuk mengunjungi tempat wisata alam, sebab ruang gerak disana akan lebih luas, supaya kontak dekat wisatawan lain bisa dihindari.

Untuk mencari beberapa rekomendasi tempat wisata populer dapat kalian lihat di laman Keluyur.com 

2. Memesan dari Jauh Hari

Selepas kalian memilih tempat tujuan, berikutnya kalian harus mulai memesan tiket transportasi, lokasi menginap, hingga tiket di tempat wisata itu sendiri.

Biasanya, pemesanan yang dilakukan dari jauh hari H akan memperoleh harga spesial / lebih murah.

3. Nyaman > Kemewahan

tips liburan di rumah

Jika kalian ingin liburan hemat, maka kalian harus melupakan tempat wisata mewah. Tetapi kalian juga jangan sampai sangat berhemat, sebab waktu liburan akan menjadi tidak nyaman.

Kalian harus mengutamakan kenyamanan, baik itu dalam memilih transportasi, penginapan, hingga pemandu liburan.

Kondisi nyaman akan membuat waktu liburan kalian akan terasa lebih menyenangkan.

4. Upayakan Berlibur di Hari Biasa

Pada kebanyakan destinasi tempat wisata, harga tiket atau apa pun pada waktu musim liburan / high season akan jauh lebih mahal dibandingkan pada saat hari biasa / low season.

Maka dari itu, kalian dapat lebih hemat apabila pergi sebelum / selepas liburan.

Adapun hal plus lainnya yang akan kalian dapatkan, yakni biasanya tempat wisata akan lebih sepi, sehingga waktu liburan kalian akan terasa lebih leluasa.

5. Mencatat Pengeluaran

Setiap kalian mengeluarkan uang, kalian harus mencatatnya, meski untuk hal – hal yang kecil.

Hal tersebut dapat membantu kalian dalam mengatur serta mengetahui kemana saja uang kalian mengalir.

Dengan demikian, kalian dapat menekan kemungkinan untuk tidak boros atau berfoya – foya yang membuat kegiatan berlibur palah menjadi mahal.

6. Membawa Uang Tunai

tips liburan saat pandemi

Selalu membawa uang tunai selama berlibur.

Hal tersebut bukan untuk digunakan berfoya-foya, melainkan untuk membantu kalian dapat mengatur pengeluaran selama liburan.

Dengan kalian membawa uang tunai, kalian dapat melihat secara langsung berapa uang yang tersisa, sehingga kalian dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkannya.

Apabila kalian takut dicuri, kalian bawa uang secukupnya saja, tetapi tetap membawa debit atau sejenisnya untuk membantu kalian ketika memerlukan uang mendadak.

7. Waktu Berbelanja

Hal satu ini harus menjadi pokok pikiran yang terakhir, sebab hal ini kerap kali menjadi sumber pengeluaran terbesar waktu berlibur.

Ketika kalian pergi berlibur, tentu saja akan membeli buah tangan untuk mengenang momen – momen liburan. Namun, jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama apabila kalian tidak ingin kehabisan uang di hari-hari liburan berikutnya.

8. Mencari Tahu Aturan di Tempat Wisata

Setelah persiapan di atas telah dipahami, berikutnya kalian harus mencari tahu aturan yang diterapkan oleh tiap destinasi wisata yang akan kalian kunjungi.

Terlebih lagi pada saat pandemi, kalian harus benar-benar mengetahui standar protokol kesehatan yang diperlukan seperti penggunaan masker, pembatasan pengunjung, jam buka, pembelian tiket, pemakaian wahana, hingga berkas-berkas yang mungkin kalian butuhkan (rapid test atau tes PCR).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *