tip membeli headset bluetooth
Elektronik

Tips Membeli Headset Bluetooth

Menikmati musik menjadi salah satu kegiatan favorit yang bisa digunakan sembari menemai untuk mengerjakan sesuatu, seperti misalnya mengerjakan tugas, mengerjakan pekerjaan atau bahkan berolahraga.

Namun demikian mendengarkan musik juga tidak memungkinkan jika terlalu keras menggunakan sound karena dapat menganggu orang lain.

Maka dari itu, kamu membutuhkan headset agar hanya kamu yang dapat mendengarkan sendiri musik yang disukai. Dengan ini orang lain juga tidak akan terganggu saat kamu mendengarkan musik.

Seiring perkembangan zaman, headset mulai berkembang dan kini sudah tidak lagi memiliki kabel alias wireless, yang disebut sebagai headset bluetooth.

Supaya ga salah beli, coba simak beberapa tips ini.

Selalu Pastikan Fitur dan Spesifikasi Headset

tip membeli headset bluetooth, spesifikasinya

Fitur dan spesifikasi menjadi fokus utama bila kita ingin membeli suatu barang apapun, termasuk headset bluetooth.

Beberapa fitur yang menjadi keunggulan headset Bluetooth adalah noise cancelling, sensitivity dan sound isolation. Salah satu fitur sensitivity sangat berpengaruh terhadap suara yang nantinya dihasilkan.

Bila sensitivitynya bagus maka suara musik yang kamu dengarkan juga lebih enak.

Cek Kualitas Suara yang Dihasilkan

tip membeli headset bluetooth, kualitas suara

Tips memilih headset Bluetooth kedua adalah mengecek kualitas usara yang dihasilkan. Jika tidak boleh mencoba terlebih dulu, kamu bisa melihat review produk tersebut dari internet maupun orang lain.

Beberapa channel YouTube tekno bisa kamu kunjungi untuk melihat bagaimana ulasan mereka terhadap produk.

Atau kamu bisa pula langsung mengetikkan kata kunci “review speaker bluetooth *nama produk*” di pencarian YouTube.

Kompatibel dengan Perangkat yang Anda Pakai

tip membeli headset bluetooth, kompatibel

Pastikan headset bluetooth yang hendak kamu beli kompatibel dengan perangkat yang kamu pakai, misalnya smartphone android atau iPhone.

Sistem operasi Android memiliki codec bernama apt-X, sedangkan sistem operasi iOs punya codec bernama Advance Audio Coding (AAC) yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagaimana bila salah beli?

Nah, resikonya kamu tidak bisa menggunakan headset tersebut.

Bahan yang Digunakan

Kualitas bahan headset juga dapat menjadi pertimbangan kamu.

Umumnya bahan dari headset ini berupa silicon atau busa di ujung headset. Disini hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah kondisi busa serta apakah material headsetnya ringkih atau tidak.

Bila busa headset terasa keras biasanya membuat telinga cepat terasa panas.

Bentuk dan Tipe Headset

Seiring perkembangan jaman, kini bentuk dan tipe headset bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Contohnya adalah jika kamu menggunakan headset untuk olahraga, maka gunakan headset Bluetooth yang menggantung dan dipasang di leher belakang. Headset seperti ini cocok untuk dipakai saat lari.

Baterai

tip membeli headset bluetooth, baterai

Daya baterai menjadi kriteria selanjutnya dalam menentukan headset Bluetooth. Utamakan headset bluetooth dengan baterai berkapasitas besar jika digunakan dalam waktu lama untuk pemakaian sehari-hari.

Anda perlu membaca lebih banyak informasi soal spesifikasi headset jika membutuhkan headset dengan baterai besar ataupun kecil.

Garansi dari Toko

Garansi menjadi hal yang penting, sebab kamu tak perlu khawatir headset mengalami kerusakan nantinya.

Untuk garansi toko biasanya selama 3 hari. Untuk memastikan bahwa produknya bekerja dengan baik atau tidak.

Bisa pula kamu menanyakan langsung pada toko mengenai garansi produk ini bagaimana, bila tidak diberi tahu.

Budget

Ini menjadi bahan pertimbangan utama dalam membeli suatu barang, yaitu uang yang kamu miliki alias bujet.

Tipsnya adalah membandingkan ketersediaan budget untuk mendapatkan headset Bluetooth dengan kualitas terbaik. Caranya tentu dengan semakin banyak mencari review dan informasi seputar produk sebelum membeli.

Kenyamanan saat Digunakan

Bila kamu membeli langsung di toko dan penjual mengizinkan untuk mencobanya, kamu bisa mencoba terlebih dahulu apakah headset tersebut sesuai dengan telingamu atau tidak.

Masalah yang seringkali ada adalah headset tidak sesuai dengan ukuran telinga kamu, mudah lepas dengan sendirinya.

Ulasan

tip membeli headset bluetooth, ulasannya

Bagaimana bila berbelanja online yang notabennya tidak dapat mencoba, melihat kondisi headset, mengetahui suara, dan hambatan lainnya?

Untuk hambatan ini Anda bisa membaca ulasan atau melihat video ulasan di beberapa website. Bila video tentu YouTube adalah salah satu sumber yang bagus.

Sementara, website ulasan produk lainnya yang bisa Anda coba, yakni rekomended.com. Pada rekomended ada ragam ulasan produk elektronik, fashion, kecantikan, dan sebagainya. Salah satu yang dibahas ada headset bluetooth terbaik pada kategori Tekno.

Belilah di Toko Resmi

Tips terakhir, yakni usahakan untuk membeli headset Bluetooth di toko resmi. Karena, kamu dapat memeroleh berbegai keuntungan seperti jaminan kualitas, headset mumpuni dan juga garansi resmi.

Bisa pula dengan membeli di official store di beberapa marketplace, seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, blibli, atau bhinneka.

Itulah beberapa tips memilih headset Bluetooth yang bisa kamu terapkan bila ingin memanjakan telinga dengan musik berkualitas.

Perbanyak membaca dan membandingkan merk-merk headset Bluetooth yang ada di pasaran sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *