Tips-Memulai-Bisnis-Kedai-Kopi-Bagi-Pemula
Categories:

Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula

Bisnis kedai kopi mampu memberikan keuntungan besar, apalagi jika Anda kreatif dan mampu menyajikan aneka menu minuman kopi dengan varian rasa.

Sebagai bisnis yang baru poopuler belakangan ini, banyak sekali orang yang ingin terjun ke dunia bisnis ini dan mencari peluang di dalamnya.

Berikut ini merupakan tips memulai bisnis kedai kopi bagi pemula yang bisa diikuti dan diperhatikan dengan baik.

5 Tips Memulai Bisnis Usaha Kedai Kopi Bagi Pemula

Salah satu contoh usaha kecil kecilan adalah bisnis membuka kedai kopi. Karena tidak terlalu membutuhkan modal yang cukup banyak.

Untuk lebih jelasnya disalahkan simak poin-poinnya dibawah ini.

1. Persiapkan Konsep Bisnis

Business plan atau konsep bisnis wajib dilakukan saat akan memulai sebuah usaha. Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan bisnis kedai kopi, seperti keunikan yang akan dibuat, siapa yang akan menjadi kompetitornya, dan modal usaha yang akan ditargetkan.

Dengan begitu, semua konsep akan terstruktur tinggal Anda mewujudkannya menjadi kenyataan. Mulai dari pembelian barang utama, sewa tempat bisnis, hingga meraih setiap target dan goal yang ingin Anda capai secara bertahap.

2. Tentukan Target Pasar

Sebuah kedai kopi yang akan meraih keuntungan secara cepat adalah mereka yang bisa menentukan target pasar dengan jelas. Dalam hal ini, Anda cukup menargetkan siapa saja yang dapat berkunjung ke kedai kopi milik Anda, apakah anak muda, orang dewasa atau para orang tua.

Saat ini, kedai kopi memiliki konsep khas milenial yang mana dapat dijangkau atau dimasuki oleh semua kalangan. Anda bisa memberikan harga diskon saat pertama kali menjalankan bisnis, sehingga mampu menarik banyak orang untuk datang berkunjung.

3. Cari Lokasi Yang Strategis

Kedai kopi yang akan Anda bangun harus memiliki lokasi strategis agar mudah dijangkau dan ditemukan oleh semua orang. Lokasi strategis yang dimaksud adalah lokasi yang berdekatan dengan jalan raya, tempat hiburan, tempat bekerja, sekolah atau pun perguruan tinggi.

Jangan lupa untuk memasang banner ataun poster sehingga terlihat cukup jelas bahwa ada kedai kopi terbaru yang baru buka dan cukup nyaman untuk ditempati. Jangan lupa memberikan fasilitas penting untuk semua pelanggan agar mereka bisa nyaman duduk atau nongkrong di kedai milik Anda.

Usahakan agar letak kedai kopi memiliki halaman parkir yang cukup luas, koneksi WiFi cepat, pelayanan ramah, menu yang lengkap, hingga posisi tempat duduk aman dan tidak gerah karena sudah ada fasilitas AC. Lalu, berikan pula harga menu terjangkau dan musik yang mengiringi waktu mereka saat minum kopi.

4. Manfaatkan Media Sosial

Di jaman modern ini, sangat penting untuk pemilik usaha agar memiliki akun media sosial resmi dari bisnisnya. Media sosial menjadi tempat ajang promosi yang ketat dan persaingan besar disana. Anda dapat melakukan promosi terhadap kedai kopi dan buatlah sebuah postingan beserta caption yang menarik.

5.  Pilihlah Supplier Terbaik

Untuk mendapatkan aroma kopi yang berkualitas, pastikan Anda memilih supplier terbaik dan tidak mengecewakan bagi perkembangan usaha kedai kopi. Selain berkualitas, pastikan harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan sesuai dengan budget yang telah Anda tentukan.

Itulah 5 tips memulai bisnis kedai kopi bagi pemula yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis yang sedang populer belakangan ini.

Pastikan bahwa Anda bisa menjadi seorang pemilik bisnis beruntung yang mampu meraup omzet milyaran rupiah pertahunnya. Jadi, jangan pernah menyerah dan pastikan Anda bisa memberikan yang terbaik untuk bisnis kedai kopi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *