Tips-Memulai-Usaha-Bengkel-Mobil
Categories:

Tips Memulai Usaha Bengkel Mobil

Tips memulai usaha bengkel mobil tidak lah sulit. Namun, membutuhkan keseriusan serta konsentrasi tinggi ketika menerapkannya.

Karena hanya dengan semangat dan kerja keras serta keseriusan yang membuat kiat usaha berjalan sesuai harapan.

Cara Memulai Usaha Bengkel Mobil

Terkadang pengusaha bengkel memiliki semangat tinggi untuk membangun usaha.

Akan tetapi, akhirnya gagal karena ketidaktahuan akan tips bisnis dalam memulai usaha bengkel yang benar. Yang ada kerugian lebih banyak karena tidak satupun pelanggan mau menggunakan jasa.

Nah, bagi Anda yang ingin membuka usaha bengkel pertama kali, silakan ikuti cara-cara berikut ini. Berikut cara atau tips yang dimaksud:

1. Pilih Lokasi Bengkel yang Strategis

Jika ingin membangun usaha bengkel mobil, pastikan lokasi usaha strategis. Paling tidak yang berada di ruang publik, sehingga yang mengenali usaha lebih banyak.

Memang membangun bisnis di dalam perumahan dan jalan kampung, modalnya lebih murah. Sebab, sewa tanah di sana tidak mahal, dibeli menjadi hak milik pun harganya pasti terjangkau.

Akan tetapi jika tidak strategis tentu yang rugi adalah pengusaha sendiri. Sudah mengeluarkan uang untuk sewa tempat, malah yang datang ke bengkel sangat sedikit sehingga untuk balik modal sekalipun sangat sulit.

2. Pastikan Modal Awal Cukup untuk Pelayanan Service

Tips untuk memulai usaha bengkel mobil kedua adalah memastikan kalau modal awal cukup untuk pelayanan service minimal satu bulan. Dana ini harus dipersiapkan terlebih dahulu, sehingga ketika service berjalan, pengusaha tidak perlu mengeluarkan uang pribadi.

Untuk modal awal disesuaikan dengan skala usaha yang dibangun. Semakin besar bengkel nominal modal yang dibutuhkan juga semakin tinggi. Berapapun modal yang dialokasikan, pastikan cukup untuk membeli spare part, membayar gaji teknisi dan biaya listrik.

3. Membuka Lowongan Kerja untuk Teknisi

Yang bisa menarik minat pelanggan bengkel mobil ialah adanya teknisi yang handal serta bisa bekerja dengan cepat. Maka dari itu, sebelum memulai usaha, cari terlebih dahulu pekerja yang baik serta memiliki sertifikat otomotif.

Silakan buka lowongan kerja sebanyak-banyaknya untuk menjaring teknisi yang memang berkualitas. Pastikan persyaratannya lengkap, karena bengkel motor adalah usaha kreatif yang berupa pelayanan publik.

Jika asal memilih teknisi, dikhawatirkan mereka tidak memiliki kemampuan men-service yang bagus. Sehingga, pelanggan merasa kecewa sehingga beralih ke bengkel mobil yang lain.

4. Persiapkan Spare Part yang Lengkap

Jika ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan silakan persiapkan spare part atau onderdil di dalam bengkel. Sehingga, ketika ada penggantian komponen yang baru, tidak perlu menyuruh pelanggan untuk membeli di toko yang lain.

Teknisi pun tidak perlu keluar bengkel untuk membeli perangkat karena alat yang dibutuhkan sudah tersedia. Jadi, dengan adanya toko spare part di bengkel, pekerjaan tidak akan ditinggalkan sehingga proses perbaikannya jauh lebih cepat.

Maka dari itu, silakan persiapkan modal awal pembangunan bengkel sekaligus modal untuk pengadaan spare part dan onderdil. Kombinasi dua usaha inilah yang bisa membuat bengkel laris sehingga keuntungan yang didapatkan oleh pengusaha lebih banyak.

5. Lakukan Promosi Usaha

Membuka bengkel motor adalah usaha yang membutuhkan modal besar. Makanya dibutuhkan keseriusan dalam menjalankannya termasuk serius ketika melakukan promosi usaha.

Jangan hanya menempel banner di depan bengkel saja, tetapi silakan lakukan promosi melalui media sosial seperti FB, Twitter, Instagram dan WhatsApp. Nantinya, yang melihat usaha lebih banyak bahkan pelanggan bisa datang dari luar kota.

Apabila tips memulai usaha bengkel mobil di atas sudah dilakukan, maka berarti pengusaha sudah siap untuk menjalankan bisnisnya. Dijamin, pelanggan datang lebih banyak, progres usaha juga bisa berkembang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *