tip hemat biaya pernikahan
Islam

9 Tips Menghemat Biaya Pernikahan Tapi Tetap Berkesan!

Momen melepas masa lajang memang diharapkan hanya sekali dalam seumur hidup. Tak jarang, orang berani mengeluarkan uang secara boros untuk persiapan yang heboh dan mewah.

Padahal setelah acaranya selesai, kamu akan memasuki babak baru dalam hidup yakni menikmati kehidupan bersama pasangan. Berikut ini adalah kebiasaan pernikahan penguras uang yang harus dihindari.

1. Perhatikan jumlah undangan

Memang menyenangkan saat pesta pernikahan kita dihadiri oleh banyak orang. Artinya, hubungan kita banyak yang memberi restu dan doanya.

Tapi sebagai pengantin, apakah kamu mengenali semua tamu undangan?

Seringkali pengantin tidak mengenali siapa tamu yang disalaminya. Undanglah kerabat dan teman-teman dekat saja agar tidak boros pengeluaran.

2. Konsep undangan mewah?

tip hemat biaya pernikahan, undangan

Mengundang orang lain secara resmi haruslah dengan cara yang baik. Namun bukan berarti kamu menghabiskan budget dengan membuat kartu undangan mewah. Undangan yang terlalu mahal hanya akan menghabiskan dana kamu.

Bayangkan jika kamu harus mengundang lebih dari 500 orang? Ya, sebagai solusinya kamu bisa menggunakan model undangan pernikahan yang biasa saja namun tak tampak murahan.

Nah, bicara mengenai undangan pernikahan, kami memiliki referensi desain undangan yang bagus di website otwhalal.com. Situs ini membahas mengenai pernikahan dari pranikah hingga pascanikah.

3. Pilih venue yang mana?

Tempat pernikahan diselenggarakan memang akan menentukan bagaimana dekorasi dan sesak atau tidaknya tamu yang hadir.

Tetapi, tidak berarti kamu harus memaksakan diri seperti harus menyewa ballroom. Jika menyewa sebuah gedung biasa bisa menghemat lebih banyak, kenapa tidak? Toh, ruangan akan didekorasi kembali oleh wedding organizer yang telah disewa.

Nah, bila mengadakan acaranya di rumah bisa jadi biaya pernikahan yang kamu tetapkan lebih sedikit mengingat tidak ada biaya untuk penyewaan gedung.

4. Souvenir unik

souvenir pernikahan

Memberi tamu sebuah souvenir yang unik sudah bukan hal yang asing lagi. Kamu bisa memilih berbagai souvenir unik dengan harga yang murah.

Pilih toko souvenir yang melayani partai besar sehingga potongan harganya juga lebih besar.

Trik untuk menghemat budget lainnya kamu bisa membeli souvenir unik dengan ragam, ada yang harganya cukup mahal, sedang, dan lebih murah.

5. Cermati pemilihan WO, bandingkan harga

Wedding organizer yang kamu pilih juga harus sesuai dengan kemampuanmu. Sekarang sudah banyak WO yang tidak memasang harga yang tinggi, namun hasilnya sangat bagus.

Hanya saja, bukan berarti tidak ada WO yang hasil kerjanya juga cukup bagus namun memasang tarif yang menengah saja.

Poin yang penting, yakni WO yang disewa bertanggung jawab atas rangkaian acara yang akan berlangsung. Kamu hanya perlu mengupdate sejauh mana persiapan sesuai target.

6. Perhatikan jumlah bride and groom maids

Pengeluaran yang bisa diminimalisisr adalah bride and groom maids. Kamu pasti senang jika teman-teman terdekat menggunakan baju seragam sehingga nampak bagus di foto.

Tapi, apakah kamu mampu untuk membelikan mereka baju baru atau setidaknya menyewakan untuk mereka? Jika dirasa sulit, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri.

7. Bridal shower

Bridal shower alias pesta lajang adalah kumpul terakhir bagi pengantin bersama teman-temannya.

Di acara ini, biasanya pengantin akan memakai pakaian yang istimewa dengan hidangan snack unik dan juga diselenggarakan di venue tertutup.

Jika kamu merasa bridal shower tidak sesuai dengan dana yang dipegang, sebaiknya coret saja acara ini dari listmu.

8. Cermati lagi pemilihan menu catering

Hidangan adalah hal yang wajib kamu sediakan untuk tamu sebagai penyelenggara pesta. Catering bisa diatur dengan pihak penanggung jawab dan juga WO.

Pilihlah menu-menu yang on-budget. Kamu tidak harus menyediakan menu yang mewah. Yang terpenting, makanan yang tersedia cukup enak dan juga aman untuk dikonsumsi.

9. Make Up Artist?

Terakhir, pertimbangkan apakah akan menggunakan make up artis atau tidak. Seperti yang kita ketahui tarif untuk MUA ini bagi sebagian orang terbilang mahal.

Bila Anda memilih make up yang bukan dari MUA tentu budgetnya bisa digunakan untuk alokasi pernikahan lainnya.

Nah itulah 9 tips yang bisa kamu ikuti agar biaya pernikahan lebih hemat. Sebagai catatan, kamu harus ingat bahwa kehidupan setelah menikah lebih penting daripada satu hari saat kamu menjadi raja dan ratu.

Jangan sampai kebiasaan pernikahan penguras uang ini terjadi padamu jika memang budgetnya pas-pasan.

Sebaiknya, kamu tidak memaksakan diri untuk melampiaskan senang-senang selama sehari. Ingat, kamu dan pasangan butuh pegangan usai pesta pernikahan.

Demikianlah 9 tips yang sebaiknya kamu perhatikan supaya biaya pernikahan kamu lebih hemat. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *